PKB Jatim Berfokus pada Penyelesaian Sengketa Pilpres di MK, Tidak Bahas Pilgub


Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah

MERAHPUTIH I SURABAYA - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, memicu spekulasi terkait niatnya untuk turut serta dalam pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024. Namun, Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah, dengan tegas menegaskan bahwa saat ini PKB sedang memusatkan perhatian pada penyelesaian sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), bukan membahas pemilihan gubernur.

Dalam sebuah pernyataan yang mengejutkan, Anik mengonfirmasi bahwa PKB memiliki kader-kader yang berkualitas untuk memimpin di Jawa Timur. Meskipun belum ada pembicaraan resmi mengenai Pilgub Jatim, Anik menjamin bahwa PKB telah menyiapkan kader-kader potensial untuk mengisi jabatan tersebut. Namun, rincian mengenai identitas kader tersebut masih dirahasiakan, sebagai bagian dari strategi partai yang matang.

"Saat ini fokus kami adalah pengawalan di MK," kata Anik Maslachah dalam sebuah acara di Grha Gus Dur Surabaya pada Sabtu (30/3/2024) malam.

Meskipun tidak ada pembicaraan resmi tentang Pilgub Jatim, Anik memastikan bahwa PKB memiliki kader-kader yang siap memimpin di Jawa Timur. Namun, dia menegaskan bahwa strategi partai masih dirahasiakan, karena membutuhkan pertimbangan yang matang untuk mencapai kemenangan.

PKB Jatim mencatatkan hasil gemilang dalam Pemilu 2024 dengan meraih 4.517.228 suara, melampaui partai lain di provinsi tersebut. Dengan hasil ini, PKB berhasil meningkatkan jumlah kursi di DPRD Jatim dari 25 menjadi 27 kursi. Pencapaian tersebut mengungguli partai lain seperti PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, dan Demokrat.

Meskipun PKB belum secara resmi membahas Pilgub Jatim, partai ini tetap terbuka untuk berkomunikasi dengan partai lain terkait Pilgub. Namun, jika tidak ada kesepakatan dengan partai lain, PKB siap untuk bertarung sendiri dalam Pilgub Jatim, dengan pertimbangan yang matang untuk meraih kemenangan.

"Bisa bersama, bisa sendiri, karena kita punya tiket. Kita siap menang Pilgub, menang Pilkada, hanya memang saat ini kita lagi berproses. Ada waktunya kita open," tegas Anik.

Dengan demikian, meskipun PKB masih merahasiakan strategi politiknya untuk Pilgub Jatim, partai ini menunjukkan komitmen dan kesiapan untuk menghadapi tantangan politik di Jawa Timur dengan keyakinan akan kualitas kader dan dukungan yang telah mereka peroleh dari pemilih. (red)