PKB Jatim Dapat Sinyal Positif dari KH Marzuki Mustamar untuk Pilgub Jatim 2024


Fauzan Fuadi, Bendahara DPW PKB Jatim,

MERAHPUTIH I SURABAYA -  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur saat ini sedang menangkap sinyal positif mengenai kesediaan KH Marzuki Mustamar untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024. PKB semakin menegaskan keseriusan mereka dalam mengusung mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur tersebut sebagai calon gubernur.

Fauzan Fuadi, Bendahara DPW PKB Jatim, menjelaskan bahwa Abdul Halim Iskandar selaku Ketua DPW PKB Jatim baru-baru ini telah menemui Kiai Marzuki. Meskipun hasil pertemuan tersebut belum dijelaskan secara rinci, Fauzan menyebut sudah ada kabar gembira yang diterima.

"Sampai dengan saat ini belum ada gestur politik beliau menolak atau tidak bersedia. Itu yang paling penting. Sementara animo dari bawah semakin banyak," ujar Fauzan saat dikonfirmasi di Kantor DPW PKB Jatim, Selasa (18/6/2024).

KH Marzuki Mustamar memang terus menjadi tokoh yang didorong oleh PKB untuk maju sebagai calon gubernur. Dengan kecukupan kursi DPRD Jatim yang dimiliki PKB, mereka optimis dapat maju meski tanpa berkoalisi. PKB berencana membuat poros baru di luar petahana, yang saat ini dijabat oleh Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Menurut Fauzan, PKB Jatim saat ini terus merumuskan keputusan terkait Pilgub. Sambil menjalankan mekanisme internal partai, mereka juga terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik yang belum menentukan pilihan untuk Pilgub Jatim 2024. Keputusan akhir nantinya akan berasal dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi akan segera diumumkan atau mendapat kepastian dari DPP PKB tentang siapa yang resmi diusung di Jawa Timur. Sabar dulu," tambahnya.

Fauzan mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya merayu KH Marzuki karena mereka ingin menyodorkan figur alternatif yang memiliki kemampuan cakap sebagai pemimpin. Menurutnya, memimpin provinsi sebesar Jawa Timur membutuhkan keseriusan dan lompatan besar dari calon pemimpin.

"Untuk Jawa Timur bukan langkah yang biasa-biasa saja. Capaian signifikan, sehingga kalau targetnya itu kita harap ada figur baru yang bisa memenuhi ekspektasi dari masyarakat yang kita tampung melalui serap aspirasi," jelas Fauzan yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim.

Dengan perkembangan ini, PKB Jatim berharap dapat memberikan pilihan baru bagi masyarakat Jawa Timur dan membawa perubahan positif melalui kepemimpinan KH Marzuki Mustamar. Keputusan final mengenai pencalonan ini diharapkan segera diumumkan oleh DPP PKB dalam waktu dekat. (red)