Pilkada Serentak 2024 di Jawa Tengah: Pj Gubernur Nana Sudjana Pastikan Kesiapan dan Keamanan


(Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantapan Isu-isu Strategis Jelang Pilkada Serentak 2024, Rabu (26/6/2024)

MERAHPUTIH I SURABAYA - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menegaskan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di Jawa Tengah akan berjalan aman dan sukses. Pihaknya telah mengambil berbagai langkah strategis dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran proses ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Nana dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantapan Isu-isu Strategis Jelang Pilkada Serentak 2024, yang berlangsung di Hotel Kesambi, Kota Semarang, Rabu (26/6/2024). Selain Nana, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kejaksaan, DPRD Jawa Tengah, serta TNI dan Polri.

Dalam kesempatan tersebut, Nana menekankan pentingnya Rakor ini sebagai langkah awal dan pengingat mengenai persiapan serta kesiapan semua pihak dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024. Ia menyoroti peran penting Pemprov Jawa Tengah, panitia penyelenggara (KPU dan Bawaslu), serta TNI-Polri dalam memastikan kesuksesan pemilu.

“Kita punya waktu persiapan hingga waktu pendaftaran Pilkada, yaitu 27 Agustus, lalu kampanye dan masa tenang, dan puncaknya itu pemungutan suara di 27 November (2024),” ujar Pj Gubernur.

Nana juga mengakui adanya potensi kerawanan yang lebih tinggi pada Pilkada dibandingkan dengan Pilpres. Untuk mengatasi hal ini, Pemprov Jawa Tengah telah melakukan berbagai persiapan dengan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Perlu saya sampaikan ada empat indikator kesuksesan Pilkada. Yakni partisipasi masyarakat tinggi, terjaganya iklim kondusif, sukses berjalannya tiap tahapan, serta pemerintahan dan pelayanan berjalan tanpa gangguan. Maka, dari awal kita lakukan langkah-langkah koordinasi, kolaborasi, dan sinergi dengan baik, sehingga kita yakin segala permasalahan bisa teratasi dengan baik,” pungkasnya.

Dengan langkah-langkah strategis yang telah diambil, Nana optimis Pilkada Serentak 2024 di Jawa Tengah akan berjalan dengan aman dan sukses, sesuai dengan harapan semua pihak. (red)