Wali Kota Surabaya Resmikan Puslatcab Olahraga 2024


Puslatcab ini merupakan komitmen Pemkot Surabaya dan KONI dalam mendukung perkembangan olahraga serta persiapan atlet menghadapi Porprov Jatim IX tahun 2025

MERAHPUTIH I SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, bersama Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Surabaya, Hoslih Abdullah, meresmikan Pemusatan Latihan Cabang (Puslatcab) Olahraga 2024. Acara ini berlangsung di Halaman Balai Kota Surabaya pada Kamis malam (4/7/2024).

Wali Kota Eri Cahyadi menyatakan bahwa Puslatcab ini merupakan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan KONI dalam mendukung perkembangan olahraga serta persiapan atlet menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim IX tahun 2025. “Kita bersama KONI menyiapkan Puslatcab untuk cabang-cabang olahraga di Kota Surabaya. Jika diperlukan tempat, kita sediakan atau sewakan,” ungkapnya.

Eri juga meminta Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Kadis Disbudporapar) untuk berkoordinasi dengan KONI terkait kebutuhan tempat latihan untuk cabang olahraga yang belum memiliki fasilitas.

“Cabang olahraga yang belum memiliki tempat latihan akan kita sewakan. Ini adalah bentuk komitmen pemerintah kota kepada atlet Surabaya agar bisa lebih berprestasi,” jelas Eri.

Pemkot Surabaya bersama KONI optimis Surabaya dapat kembali menjadi juara umum dengan lebih banyak medali emas pada Porprov Jatim IX tahun 2025. “Tahun kemarin kita targetkan 150 medali emas, ternyata meraih 163 emas. Dengan Puslatcab yang lebih panjang dan tempat yang disediakan, InsyaAllah kita yakin bisa merebut 200 medali emas,” tambahnya.

Pemkot Surabaya juga tengah menyiapkan Sport Center atau pusat perkembangan dan pembinaan potensi olahraga di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. “Venue dan tempat latihan kita siapkan di sana semua. Semoga 2027 atau 2028 sudah terpenuhi. GBT sekarang sudah menjadi tempat perhelatan sepak bola internasional dan hari ini digunakan untuk final Proliga 2024,” terangnya.

Hoslih Abdullah menambahkan bahwa sebanyak 995 atlet dari 48 cabang olahraga akan berlatih di Puslatcab 2024, didampingi oleh 230 pelatih. Mereka akan berlatih selama setahun sebelum bertanding di Porprov Jatim IX tahun 2025 di Malang Raya.

“Target 200 medali emas bukan main-main. Ada kerja keras dan dukungan dari pemerintah kota. Semoga di Porprov IX bisa memberikan prestasi terbaik,” ujar Hoslih.

Dukungan Pemkot Surabaya terhadap para atlet sangat luar biasa, mulai dari tersedianya tempat latihan hingga adanya orang tua asuh dari masing-masing Perangkat Daerah (PD) yang rutin memberikan semangat. “Selain bantuan sewa tempat, saat ini tempat Puslatcab juga banyak, seperti di Gelora Pancasila, Gelanggang Remaja, Lapangan Hoki Dharmawangsa, hingga di GBT. Kami berharap kolam renang di eks THR bisa diperbaiki untuk atlet aquatic,” pungkas Hoslih. (red)