Pj Bupati Pasuruan Sidak Pelayanan Publik untuk Pastikan Kualitas dan Standar Layanan
Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Nurkholis saat melakukan kunjungan mendadak ke Puskesmas Kepulungan, Jumat (1/11/2024)
MERAHPUTIH I PASURUAN - Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Nurkholis, punya cara unik dalam memastikan kualitas pelayanan publik berjalan maksimal, terutama di tingkat kecamatan dan desa. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur ini seringkali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor-kantor pemerintahan dan pusat layanan kesehatan secara langsung tanpa pemberitahuan.
Usai menyerahkan bantuan sosial PKH Tahap 4 di Aula Kecamatan Gempol, Nurkholis melakukan kunjungan mendadak ke Puskesmas Kepulungan. Ia tiba sekitar pukul 09.15 WIB dan segera memantau area depan layanan puskesmas, mulai dari loket pendaftaran hingga ruang pelayanan medis dan area parkir, Jumat (1/11/2024).
Setelah sekitar 15 menit di Puskesmas Kepulungan, Nurkholis melanjutkan kunjungannya ke Puskesmas Pandaan. Di sana, ia terkesan dengan inovasi informasi kesehatan yang disajikan melalui papan akrilik transparan di lorong-lorong puskesmas. “Informasi kesehatan ditata rapi, bersih, dan elegan,” katanya. Nurkholis mengecek satu per satu fasilitas di Puskesmas Pandaan, termasuk ambulans yang selalu dalam kondisi siaga.
Menurut Nurkholis, puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat. "Pelayanan kesehatan di puskesmas harus prima, SDM harus humanis, dan lingkungan puskesmas bersih serta rapi," tuturnya.
Selain memastikan kualitas pelayanan, Nurkholis juga menekankan pentingnya digitalisasi. Menurutnya, digitalisasi layanan sudah menjadi kebutuhan untuk mempermudah proses dan mengurangi birokrasi yang bertele-tele. “Semua layanan sekarang harus berbasis digital, agar lebih cepat, efektif, dan sesuai dengan era 5.0,” pungkasnya.(red)