Gus Muhaimin: Masyarakat Harus Aktif Sukseskan Vaksinasi


Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (dua dari kiri) ist.

MERAHPUTIH|JAKARTA-Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam mewujudkan program vaksinasi nasional demi tercapainya herd immunity. Menurutnya, gerakan seperti ini harus terus dipercepat dan diperluas, bahkan dengan melibatkan seluruh kelompok elemen masyarakat.

 

“Organisasi, pengusaha dan pekerja, organisasi agama, kelompok-kelompok di pedesaan harus digerakan semua untuk mensukseskan vaksinasi,” katanya usai meninjau vaksinasi di lingkungan Pondok Pesantren Sa’adatuddaroin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/7/2021).

 

Gus Muhaimin juga menilai salah satu titik lemah penanggulangan Covid hari ini adalah partisipasi atau keterlibatan seluruh elemen masyarakat. Pemerintah tidak dapat melakukan ini sendirian. “Kelompok masjid, mushala, majeis ta’lim, tokoh masyarakat, pesantren libatkan semua, insyaAllah (vaksinasi) akan cepat. Tapi kalau pemerintah sendirian tidak melibatkan, pasti akan berat dan sulit,” tuturnya.

 

Terkait adanya penimbunan obat Covid-19 yang dilakukan sejumlah oknum, Gus Muhaimin berpandangan bahwa hal tersebut tidak akan terjadi jika masyarakat memiliki kesadaran yang sama bahwa pandemi ini tidak akan selesai jika soal obat Covid-19 dipersulit. Ia meminta pemerintah melakukan penindakan terhadap sejumlah pengusaha nakal yang melakukan penimbunan.

 

“Tidak ada jalan lain, pemerintah harus efektif dalam mengomandokan memberi informasi yang efektif (terkait obat Covid-19) kepada masyarakat. Kita juga minta kepada pengusaha, kepada masyarakat umum untuk sadar dan idak perlu melakukan penumbunan,” tutupnya. (red)