Wagub Emil Sebut Vaksinasi Massal di SIER Paling Ideal


Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak ketika meninjau vaksinasi di lapangan tenis PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Kota Surabaya, Kamis 22/7)

MERAHPUTIH I SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak memberikan pujian kepada PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Kota Surabaya, yang telah sukses melaksanakan vaksinasi massal dengan lancar, tertib dan tidak terjadi kerumunan.

Menurut Emil, vaksinasi yang digelar berkat kerjasama antara PT SIER dengan Kodim 0831/ Surabaya Timur paling ideal. Sebab tempatnya sangat representatif, luas dan fasilitasnya sangat memadahi. Begitu pula jumlah tenaga kesehatan cukup banyak.

“Saya memberikan apresiasi kepada PT SIER dan Kodim 0831/ Surabaya Timur serta tenant yang ada di kawasan industri SIER. Vaksinasinya berjalan lancar, tertib dan yang paling penting tidak terjadi kerumunan,” ujar Emil, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di kawasan PT SIER, Kamis (22/7/2021).

Pujian vaksinasi massal ideal itu diberikan Emil karena saat ini pelaksanaan vaksinasi massal sedang mendapat sorotan. Alasannya, vaksinasi massal menimbulkan kerumunan sehingga berpotensi menimbulkan kluster penyebaran Covid-19.

“Sehari ada 1.300 orang yang disuntik atau sebanyak 300 orang per jam. Jumlah ini cukup banyak jika tidak diatur dengan baik bisa menimbulkan kerumunan. Saya senang karena warga yang vaksin sangat tertib, taat prokes. Yang datang langsung bisa duduk di tenda dengan jaga jarak,”ucap Emil.

Saat meninjau pelaksanaan vaksinasi, kata Emil, dia juga melihat ada inovasi pada tahapan meja kedua. Jika biasanya, di meja dua ada dua layanan langsung. Namun vaksinasi di SIER dijadikan dua meja atau dipisah, sehingga lebih simpel dan tidak menumpuk.

Yang lebih menarik lagi, lanjut Emil, setiap peserta vaksin mendapat gratis es krim bervitamin C tinggi dari C ampina, yang merupakansalah satu tenant PT SIER. Ini merupakan contoh sinergi yang baik antara TNI, BUMN dengan para tenantnya.

“Masalah Covid-19 ini adalah kita bersama. Kepedulian badan usaha sangat penting. Pemerintah telah bekerja sangat keras. Bahkan semua unit sekarang melakukan penanganan Covid-19. Peran dari semua pihak itu memang sangat dibutuhkan saat ini,” tandasnya.

Sementara, Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono mengatakan, vaksinasi massal ini bisa berjalan berkat kerjasama PT SIER dengan Kodim 0831/Surabaya Timur, dengan difasilitasi penyelenggaraan oleh PT SIER sebagai pengelola kawasan industri di Rungkut Surabaya.

Kunci pelaksanaan vaksinasi di SIER bisa berjalan lancar, kata Didik, adalah adanya pendaftaran online dan pengaturan jam kuota. Selain itu juga disediakan tempat khusus bagi peserta yang datang sebelum jam kuota vaksinasi. Bagi yang tidak bisa mendaftar online akan didampingi petugas. Lalu pengisian formulir dilakukan di rumah karena sebelumnya form pengisian sudah dikirim sebelumnya. Sehingga sejak antri datang hingga keluar tidak terjadi hambatan berarti.

“Setiap jam kita atur kuota sebanyak 300 orang. Sehingga antrian tidak terlalu lama, hanya sekitar 20 menit. Bahkan ada yang hanya menunggu 10 menit mulai datang hingga di suntik. Usai vaksin, setiap peserta mendapat es krim dari salah satu tenant kami. Jadi vaksinasi ini sangat menarik,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang peserta vaksin, Umi Azizah mengaku, pelaksanaan vaksin di PT SIER sangat cepat dan tidak perlu antri lama. Salah seorang pekerja di PT Asti Indograph yang bergerak di bidang printing dan packaging ini mengaku hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk di vaksin.

“Saya tahu disini (SIER) ada vaksin karena diberitahu perusahaan. Kami dipersilahkan untuk ikut vaksin. Teman-teman saya juga banyak yang ikut vaksin. Saya tidak perlu antri lama dan tidak ada kerumunan, sehingga lebih aman. Pulangnya juga dapat es krim,” pungkasnya. (red)