Gubernur Khofifah Mutasi 16 Kepala OPD


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik 16 Pimpinan Tinggi Pratama Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) di Gedung Negara Grahadi, Rabu (28/7/2021).

MERAHPUTIH I SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik dan mengambil sumpah jabatan 16 Pimpinan Tinggi Pratama Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Pelantikan dilaksanakan secara daring, serta sejumlah perwakilan hadir di Gedung Negara Grahadi, Rabu (28/7/2021), guna pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas. Gubernur Khofifah menuturkan, sedianya Pemprov Jatim telah mengajukan pelantikan tersebut pada awal Juni 2021 lalu ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun terbentur dengan pejabat yang akan dilantik terkonfirmasi positif.

"Karena waktu itu, kita mau melantik, ini positif. Mau melantik, ini lagi positif. Lalu mau melantik lagi, PPKM Darurat. Saya bilang, nek PPKM Darurat, kita pelantikan, nanti ada kesan, tidak sesuai dengan suasana PPKM Darurat," kata Khofifah kepada wartawan.

Hingga berlanjut ke PPKM Level dan diperpanjang kedua kalinya, belum juga Pemprov Jatim melaksanakan pelantikan. Hingga Gubernur Khofifah mengusulkan pelantikan pada Senin 26 Juli 2021 lalu.

"Senin wes ayok pelantikan, saya bilang, ada yang positif lagi. Coba bayangkan. Wes nek ngunu Rabu wes, mugo mugo wes ndang onok senk wes mari positif terus negatif," ucapnya.

Bahkan, hingga hari H pelantikan pada Rabu (28/7/2021), dari 16 calon Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut, tiga diantaranya masih terkonfirmasi positif-19. Sehingga akhirnya sebagian besar dilakukan secara daring.

"Yang tidak positif hadirkan, supaya ada sertijab dan penandatanganan pakta integritas. Jadi menyiapkan proses pelantikan di masa PPKM Level 4 hari ini ya harus diseiringkan dengan suasana yang tetap menjaga protokol kesehatan," tandasnya.(red)

Berikut 16 pejabat eselon II yang dilantik :

1. Badan Pendapatan Daerah, Drs Abi Manyu Pontjo Atmodjo, MM 

2. Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jatim, Drs Sjaichul Ghulam, MM

3. Kepala Bappeda Jatim, Ir Muhammad Yasin MSi

4. Kepala DPMD Jatim, Sukaryo SH, MM

5. Kepala Dinas Kehutanan, Dr Ir Jumadi MMT

6. Direktur RSU Haji, dr Herlin Ferliana M,Kes

7. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dr Ardo Sahak MM

8. Kepala ESDM, Dr Nurkholis

9. Kepala BKD, Indah Wahyuni SH, MSi

10. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Dr Dyah Wahyu Ermawati, MA

11. Kepala Bakorwil Pamekasan, Ir Gunawan Saleh, MM

12. Kalaksa BPBD Jatim, Drs Budi Santoso

13. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ir Tiat Sutiati Suwardi MSi

14. Direktur RSUD dr Soedono Madiun, dr. Ilham

15. Kepala Bakorwil Bojonegoro, Bambang Subagyo MSi

16. Kepala Satpol PP, M Hadi Wawan Guntoro MSi