Jatim Target Juara Umum PON XX Papua


kontingen Jawa Timur yang akan berlaga pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke 20 Papua 2021. foto foto : prass

MERAHPUTIH I SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas kontingen Jawa Timur yang akan berlaga pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke XX Papua 2021.

Gubernur Khofifah memberikan dukungan dan semangat kepada ratusan atlet dan official, yang akan berangkat secara bertahap, sejak tanggal 13 September 2021 nanti. Gubernur berharap, seluruh atlet berjuang dengan penuh semangat. 

"Selamat berlaga, berjuang, mudah mudahan meraih prestasi setinggi tingginya, dan mereka dalam keadaan sehat," ujar Khofifah, Kamis (9/9/2021). 

Khofifah juga mengajak kepada seluruh warga Jatim dimanapun, untuk turut memberikan support, dengan mendoakan kontingen Jatim ini 

"Mohon doa kepada seluruh warga Jawa Timur dimana saja, bukan hanya warga Jawa Timur yang di Jawa Timur, warga Jawa Timur dimana saja doakan mudah mudahan seluruh kontingen PON 20 dari Jawa Timur semuanya bisa memberikan yang terbaik prestasi tertinggi, semuanya sehat, aman, lancar," harap Khofifah.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung mengungkapkan, seluruh atlet dan official telah mempersiapkan diri dengam sebaik baiknya. Erlangga berharap, kontingen Jatim dapat keluar sebagai Juara Umum pada PON 20 Papua. 

"Insha Allah dengam dukungan Ibu Gubernur, kita tinggal berjuang, mohon doa restu dari masyarakat dari Bu Gubernur dari semuanya gitu, mudah mudahan ini Jawa Timur bisa jadi Juara Umum," harap Erlangga. 

Kontingen Jatim akan berpartisipasi di 47 cabang olahraga. KONI berharap, sebanyak 543 atlet yang turun pada pertandingan yang dimulai sejak 23 September - 15 Oktober 2021.

"Ya memang ada 10 cabor yang hilang. Memang kita kehilangan 36 Emas," imbuhnya. 

Erlangga menegaskan, ada 15 cabor unggulang yang diproyeksikan aka menyumbang medali Emas bagi kontingen Jatim. Beberapa diataranya adalah menembak, atletik, panahan, selam, renang, tenis lapagan, panjat tebing, wushu, dan gulat.

Pada PON Papua, untuk bisa merebut juara umum, atlet Jatim dibebani target 136 emas dari 776 emas yang diperebutkan.

Target itu lebih banyak dibanding raihan emas padaPON 2016, Jabar. Saat itu, Jatim berhasil merebut 132 medali emas, 138 medali perak, dan 134 perunggu. ‘’Meraih 136 emas itu target realistis kita, kalau ingin menjadi juara umum,” tegas Erlangga. (dpr)