Komisi X Tinjau Venue PON XX di Mimika


Komisi X DPR RI, kata Hetifah, ingin melihat bagaimana persiapan PON XX di Kabupaten Mimika mengingat acara akan berlangsung dalam waktu dekat. ist

MERAHPUTIH|JAKARTA-Komisi X DPR RI meninjau venue pertandingan olahraga untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan berlangsung di Papua. Tim yang diketuai Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin itu kali ini mengunjungi Kabupaten Mimika yang termasuk dalam tiga kabupaten/kota yang akan memfasilitasi ajang olahraga nasional tersebut.

 

Komisi X DPR RI, kata Hetifah, ingin melihat bagaimana persiapan PON XX di Kabupaten Mimika mengingat acara akan berlangsung dalam waktu dekat. "Kami merasa optimistis akan berjalan lancar, memang dengan beberapa catatan," ujarnya saat mengunjungi venue PON XX di Mimika, Papua, Jumat (10/9/2021).

 

Politisi Fraksi Partai Golkar itu berharap dengan kedatangan Komisi X DPR RI akan memberikan semangat bagi pemerintah daerah dan insan olahraga terkait dalam mempercepat dan memaksimalkan PON di Papua. Dari segi infrastruktur dan akomodasi, Hetifah mengakui bahwa realisasinya di Mimika sudah baik dan di luar ekspektasi awal Komisi X DPR RI.

 

Namun demikian terdapat beberapa catatan, salah satunya euforia dan antusiasme menjelang PON XX di Mimika dirasakan masih belum terlalu besar. Sementara itu geliat ekonomi masyarakat menjelang PON XX juga masih belum terlihat, sehingga Hetifah berharap ada upaya untuk menggalakkan animo terhadap perhelatan akbar olahraga se-Indonesia itu.

 

Adapun penyelenggaraan PON di Papua dinilai memiliki nilai strategis dari sisi percepatan pembangunan Bumi Cenderawasih. Selain dari sisi ekonomi, PON XX diharapkan memberikan dampak positif dari sisi sosial-budaya dengan terjadinya interaksi sosial yang masif antara masyarakat Papua dan para pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Kunjungan Komisi X DPR RI juga diikuti oleh Anggota Komisi X DPR RI My Esti Wijayati, Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah dan Anggota Komisi X DPR RI Andi Muawiyah Ramly. Tim dari Komisi X DPR RI tersebut bertemu dengan pimpinan FORKOPIMDA Kabupaten Mimika serta pemangku kepentingan PON dan Olahraga di Mimika, Papua. (red)