Sepakbola Putra Jatim Lolos ke Semifinal


Pian Hardiansya melakukan takling keras pemain Jawa Timur , Malik Prayitno di laga perempat final PON XX Papua di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura. (Minggu 10/10/2021). (Foto PB PON XX PAPUA 2021/Denni Christovel Pallo),

MERAHPUTIH I SENTANI – Tim sepak bola Jawa Timur (Jatim) tampil sempurna di babak enam besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua. Anak asuh Rudy William Keltjes itu membenamkan juara bertahan Jawa Barat (Jabar) dengan skor 2-0. Kemenangan ini mengantarkan Jatim ke babak semifinal sebagai juara Grup E.

Jatim banyak merotasi pemain di game melawan Jabar. Rudy Keltjes banyak menyimpan nama penting. Termasuk striker andalan sekaligus poros permainan Jatim, M. Faisol Yunus.

Absennya pemain utama memengaruhi ketajaman tim Jatim. Mereka gagal mampu mencetak gol pada paruh pertama. Jatim baru menggigit di babak kedua. Mereka memimpin pada menit ke-50 lewat Krisna Septiawan. Jatim menggandakan kedudukan menjadi 2-0 menit menit ke-83 melalui M. Faisol Yunus.

“Kami tahan beberapa pemain supaya mereka bisa tampil all out di semifinal. Sebab itu seperti partai final untuk kami. Makanya saya tidak pasang-pemain inti sejak pertama. Tapi saya lihat mereka sudah gatal, jadi saya masukkan pemain seperti Faisol di babak kedua,” jelas Keltjes seusai laga.

Jabar sebenarnya memiliki peluang untuk memperkecil keduudkan pada menit ke-47. Ketika wasit menunjuk titik putih karena pelanggaran. Namun eksekusi kapten tim Jabar, Pian Hadiansyah berhasil digagalkan kiper cadangan Eko Saputro.

Kemenangan 2-0 atas Jabar memastikan Jatim lolos ke semifinal sebagai juara Grup E. Jatim akan bentarung melawan Aceh, runner-up Grup D. Sedangkan Kaltim sebagai runner-up Grup E, berhadapan dengan Papua, sang juara Grup D. Babak semifinal akan digelar Selasa (12/10). (red)