Puan Maharani Tinjau PTM di SDN 1 Godean Sleman


Ketua DPR RI Puan Maharani berkesempatan mengajar sejarah Bangsa Indonesia ketika meninjau pembelajaran tatap muka (PTM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

MERAHPUTIH I SLEMAN - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani meninjau pembelajaran tatap muka (PTM) di lingkungan SDN 1 Godean, Sleman, Yogyakarta. Dalam kunjungan tersebut, Puan berpesan kepada anak-anak murid untuk semangat belajar serta meneladani para pahlawan yang gigih memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

“Karena semua pahlawan kita itu orang-orang pintar semua. Mereka dulu tetap belajar walaupun belum ada sekolah. Sekarang kalian sudah di sekolah. Jadi harus belajar yang rajin,” pesan Puan kepada para siswa SDN 1 Godean, Sleman, D.I.Yogyakarta, Kamis (11/11/2021). 

Didampingi Kepala Sekolah SDN 1 Godean Rahmat Susilo, Puan melihat langsung protokol kesehatan yang dijalankan oleh sekolah tersebut. Puan mengunjungi kelas V-B yang sedang belajar pelajaran sejarah yang dipandu oleh wali kelas Ismawati. Puan kemudian ambil bagian mengajarkan tentang sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. 

Ia juga mengadakan kuis dengan tema pertanyaan soal kemerdekaan dan pahlawan bangsa. Puan juga melemparkan pertanyaan di antaranya siapa yang menjahit bendera Merah Putih untuk pengibaran bendera saat proklamasi kemerdekaan Indonesia. “Ibu Fatmawati,” jawab seorang siswa bernama Rafan. 

Para siswa yang berhasil menjawab pertanyaan, Puan memberikan hadiah handphone sebagai penunjang pembelajaran. Tak ketinggalan, seluruh siswa lain yang hadir di kelas mendapat tas dan peralatan tulis seraya berpesan pada murid-murid di kelas untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan. 

“Belajar yang rajin ya. Dan ingat untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama belajar di sekolah. Bukan hanya di sekolah tapi dalam perjalanan ke sekolah juga tetap harus jaga protokol kesehatan. Seperti pakai masker dan jangan berkerumun,” lanjut Puan.

 Dalam kesempatan itu juga, Menko PMK periode 2014-2019 ini pun membagikan sejumlah laptop untuk dipergunakan pihak sekolah dalam menunjang pembelajaran. Di sisi lain, pihak sekolah juga memberikan kenang-kenangan kepada Puan sebuah buku kumpulan cerpen pendidikan budi pekerti karya guru SDN 1 Godean. 

Adapun Anggota DPR RI turut mendampingi Puan dalam kunjungan tersebut Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie, Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah, Anggota Komisi III DPR RI M Idham Samawi, dan Anggota Komisi X DPR RI My Esti Wijayanti. Selain itu juga hadir Bupati dan Wakil Bupati Sleman, Kustini-Danang Maharsa. (red)