BPBD Jatim, Komisi E DPRD Jatim Hijaukan Kota Malang


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur bersama Komisi E DPRD Jatim melakukan gerakan penghijaun dengan tema "Penghijauan Bumi Arema" yang dilaksanakan di Kota Malang, Sabtu (20/11/2021).

MERAHPUTIH I MALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur bersama Komisi E DPRD Jatim melakukan gerakan penghijaun dengan tema "Penghijauan Bumi Arema" yang dilaksanakan di Kota Malang, Sabtu (20/11/2021).

Penanaman berbagai jenis pohon itu dilakukan di lahan kosong dan kritis di areal milik UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Dinas Sosial Jatim di Jalan Bringin 13, Sukun, Kota Malang.

Kegiatan yang digagas Kader Lingkungan (Karling) Kota Malang bersama BPBD Jatim ini dihadiri Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih, Kalaksa BPBD Jatim Bapak Budi Santosa, Forkompinda Kota Malang, Kalaksa BPBD Kota Malang Alie Mulyanto, Ketua Pembina Karling Kota Malang Wasto, Kepala UPT RSBN Firdaus Sulistijawan dan sejumlah relawan lingkungan di wilayah Malang Raya dan Surabaya.

Sebelumnya, acara penghijauan ini dimulai dengan senam pagi. Dilanjutkan apel siaga diikuti berbagai perwakilan relawan dan komunitas. Di antaranya, Kader Lingkungan Kota Malang, Laskar Sehat, Persatuan Berbudi dan Berbudaya (PBB), Gubuke Wong Ngalam (GWN), Malang Mbois, FKPPI Kota Malang, Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kota Malang, Kader Pramuka, TKSK, Kader Alfamart, Tim BPBD Jatim, dan Relawan Jogoboyo Surabaya.

"Gerakan peduli lingkungan ini guna menumbuhkan rasa solidaritas jiwa nasionalisme yang mulai terkikis, di sebagian warga di negeri ini. Kita juga peduli dengan saudara-saudara kita, khususnya di Malang," kata Ketua Jogoboyo, Badrul Tamam.

Usai laporan panitia yang disampaikan Ketua Pembina Karling Kota Malang dan sambutan pembina apel oleh Wawali Kota Malang. Kemudian, agenda Penghijauan Bumi Arema di mulai dengan ditandai penekanan tombol sirine.

Sebelumnya, juga dilangsungkan penyerahan bantuan untuk korban banjir bandang Kota Malang sumbangan Komunitas Jogoboyo berupa, kasur dan tikar sebanyak 100 unit oleh Bapak Kalaksa BPBD Jatim.

"Termasuk, juga diberikan bantuan berupa tempat tidur atau tikar dan kebutuhan untuk bisa digunakan di lokasi bencana. Selain itu, personil yang diturunkan ada sebanyak 55 orang," terang Badrul Tamam.

Dilanjut dengan penyerahan bibit pohon kepada seluru perwakilan komunitas yang hadir oleh Wawali Kota Malang, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Kalaksa BPBD Jatim, Dandim 0833/Kota Malang dan sejumlah pejabat yang hadir.

Kegiatan penghijauan ini ditutup dengan aksi penanaman pohon di sekitar area UPT RSBN Dinsos Jatim oleh pejabat dan perwakilan komunitas yang hadir.

Sedikitnya, ada 500 bibit pohon produktif dan non produktif ditanam dalam aksi penghijauan itu. Ratusan bibit pohon tersebut berasal dari bantuan BPBD Jatim dan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Kota Malang. (red)