Gubernur Khofifah Bangga Terhadap Atlet Muda Wushu Penghafal Quran


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merasa haru dan bangga ketika bertemu dengan atlet muda juara pertama wushu internasional, Utiqo Romadlona Ummi Auna di Grahadi Surabaya, selasa (23/11). Foto : prass

MERAHPUTIH I SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merasa haru dan bangga ketika bertemu dengan atlet muda juara pertama wushu internasional, Utiqo Romadlona Ummi Auna.

Mata Gubernur perempuan pertama di Jatim ini berkaca kaca, saat menceritakan perjuangan Auna, yang berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional, disaat yang sama, kehilangan ayahanda karena Covid-19.

"Apalagi Auna semangat menghafal Alquran. Mudah mudahan jadi penguat. Sukses sekolahnya, sukses olah raganya, sukses hafalannya," ujarnya, Selasa (23/11).

Gubernur Khofifah, melalui Komite Olah Raga Nasional Jawa Timur (KONI Jatim), berjanji akan memberikan beasiswa hingga Strata Tiga (S3) bagi mereka yang telah membawa nama harum Jatim ke kancah internasional.

"Jadi, mereka mereka yang sudah mendedikasikan untuk preatasi terbaiknya membawa nama harum daerah, bisa dapat beasiswa bahkan sampai S3. Jadi, untuk Auna semangat nak. Jadi Auna bisa mendapatkan kesempatan Beasiswa sampai S3," tuturnya.

Sementara itu, Auna bercerita, jika ketertarikannya dengan olahraga wushu, dimulai sejak kelas 2 SD, tepatnya saat berusia 7 tahun. Dimana kakak laki lakinya juga menggeluti oleh raga asal negeri Tirai Bambu tersebut.

"Awalnya melihat kakak," ucap Auna.

Pada ajang IWUF Wushu Taolu Competition 2021, Utiqo yang merupakan siswa Kelas VII SMP Khadijah Surabaya ini berhasil menduduki peringkat pertama dalam kejuaraan yang diikuti lebih dari 1.000 peserta dari 61 negara ini.

"Semoga bisa sukses kedepannya," tuturnya.

Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung juga terkagum kagum dengan prestasi Auna, lantaran tidak hanya juara dunia bidang olah raga, tetapi juga berprestasi di sekolah, bahkan telah menghafal Quran hingga 6 juz.

"Atensi semacam ini sangat diperlukan oleh anak anak yang berprestasi, luar biasa," pujinya.

Pada ajang IWUF Wushu Taolu Competition 2021, Auna berhasil memperolehan nilai sebesar 8.843. Ia turun di dua nomor, yakni nomor tangan kosong mendapatkan emas, sedangkan kelas golok memperoleh perak. (red)