Terima Kunjungan Pengurus PKK Kaltim

Arumi Bachsin Jabarkan Tugas Detail PKK Layani Masyarakat


Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardaksaat saat memerima Kunjungan Kerja Ketua TP PKK Kalimantan Timur Hj. Norbaiti Istan Noor A.Md SH di Kantor PKK Prov. Jatim Jl. Gayungsari 56 Surabaya,

MERAHPUTIH I SURABAYA - Gerak langkah PKK Jatim dibawah kepemimpinan Arumi Bachsin Emil Dardak menginspirasi TP PKK lain di Indonesia. Seperti halnya TP PKK Prov. Kalimantan Timur (Kaltim) yang ingin menggali ilmu sekaligus bertukar pengalaman terhadap tugas pokok PKK dalam melayani masyarakat. 
 
"Saya bersyukur dan mempersilahkan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Timur dan para pengurus untuk menggali informasi sebanyak mungkin tentang Gerakan PKK di Provinsi Jawa Timur dengan segala kekurangan dan kelebihan dari tiap – tiap daerah," ungkapnya saat memerima Kunjungan Kerja Ketua TP PKK Kalimantan Timur Hj. Norbaiti Istan Noor A.Md SH di Kantor PKK Prov. Jatim Jl. Gayungsari 56 Surabaya, Senin (22/11/2021).
 
Arumi menjabarkan bahwa Gerakan PKK Prov. Jatim dilaksanakan di 38 kabupaten/kota terbagi di 666 TP PKK kecamatan dan tersebar di 8.501 TP PKK Desa/Kelurahan. Dari jumlah itu, gerakan PKK juga tersebar di 55.527 PKK tingkat RW dan 201.730 PKK tingkat RT. 
 
Dijelaskannya, PKK Prov. Jatim juga memiliki gerakan ditingkat Dasawisma sebanyak 562.880 dengan total Kader Umum sebanyak 1.343.316 dan Kader khusus sebanyak 528.489 kader. 
 
Sepanjang tahun 2021, terdapat beberapa kegiatan unggulan meliputi, pelaksanaan 10 program pokok PKK Prov. Jatim yang dilombakan di masing masing kabupaten/kota. Selain itu juga terdapat, pemberian bantuan sembako bagi pasien isoman Covid-19, koordinasi dengan pembina TP PKK se Jatim melalui Rakerda  Tahun 2021. Sekaligus Kumpul kumpul Santai Sareng Kader PKK (Kumis Sakera) hingga monitoring dan evaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK kabupaten/kota.
 
Arumi mencontohkan, Gerakan PKK di Kota Surabaya  terkenal dengan layanan Posyandu nya. Sama halnya di Kota Batu dan Kabupaten Malang yang memiliki udara sejuk dengan potensi Sumber Daya Alam yang mendukung sektor pertanian dan hasil potensi sayur mayur.
 
"PKK Kota Batu juga terkenal miliki potensi alam dengan produk buah yang sebagian telah diolah menjadi Produk Olahan Buah Dan Sayur melalui kegiatan diversifikasi dan peningkatan kualitas Produk Sayur Dan Buah (Kripik Buah Apel, Minuman Sari Buah Apel, Kripik Nangka, Kripik Kentang, Kripik Nanas Jenang/Dodol Apel, dll) yang dibina dan dilatih oleh OPD Terkait selaku Anggota Pembina Tim Penggerak PKK setempat," jelasnya.
 
Istri Wagub Jatim itu, juga menyatakan, menatap tahun 2022 PKK Jatim juga memiliki agenda unggulan diantaranya memberikan pembinaan teknis desa binaan, peningkatan semangat gotong royong masyarakat Jatim, program penguatan ekonomi keluarga hingga penata usahaan administrasi gerakan PKK melalui e-PKK.
 
Sementara itu, Ketua TP PKK Kalimantan Timur Hj. Norbaiti Istan Noor A.Md SH mengatakan, kunjungannya ke Jatim ini ingin menjalin silaturahim dan melalukan studi komparasi melihat secara dekat daerah Jatim yang menjadi juara tingkat nasional. 
 
"Berkat keberhasilan dan prestasi ini, kami ingin belajar banyak dengan Jatim. Kami akan melakukan kunjungan serta melihat posyandu dan hasil kerajinan UMKM produk dari kader kader PKK di Jatim," terangnya. 
 
Rencananya, selama di Jawa Timur, Ketua TP PKK Kalimantan Timur bersama rombongan akan berkunjung dan melihat Gerakan PKK dan pelaksanaan Posyandu di Kota Surabaya, Produk Olahan Buah dan Sayur di Kota Batu dan Kab. Malang. (red)