Arumi Bachsin Terima Kunjungan Kerja Dekranasda Kalimantan Utara


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak saat menerima kunjungan kerja Ketua Dekranasda Kalimamtan Utara (Kaltara), Rahmawati Zainal di kantor dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Juanda, Kamis (2/12/2021).

 MERAHPUTIH I SIDOARJO -  Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak menerima kunjungan kerja atau studi banding Ketua Dekranasda Kalimantan Utara (Kaltara), Rahmawati Zainal dan anggotanya di kantor dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Juanda, Kamis (2/12/2021).
 
Ketua Dekranasda Jatim, Arumi mengatakan selamat datang di Jawa Timur, dan juga mengucapkan terima kasih telah memilih kunjungan atau studi banding ke Jatim. Di Jatim sendiri memiliki pemandangan wisata yang bagus untuk dikunjungi ada Bromo, Jembatan Suramadu, dan Jatim juga memiliki kerajinan yang bagus mulai kain batiknya, kemudian juga kulinernya yang enak ada di Madura Bebek songkem, sinjay, di Surabaya ada rujak cingur.  "Dengan adanya pemandangan wisata, kerajinan batik, dan kuliner di Jatim ini bisa menggantikan rasa lelah  dari rombongan Dekranasda Kaltara yang telah melakukan perjalanan jauh untuk menuju ke Dekranasda Jatim,"kata Arumi. 
 
Dijelaskannya, Kantor Dekranasda Jatim ini sebenarnya ada di Jalan Kedungdoro Surabaya disana ada galeri dan kerajinan yang dijual dari produk UMKM di Jatim. Namun kenapa pihaknya memilih di kantor Dinas Koperasi dan UMKM karena lokasinya strategis dekat dengan Bandara, dan di Dinas Koperasi dan UMKM Jatim ini juga terdapat galeri Dekranasda Jatim ada dua yaitu pertama ada jualan kerajinan mulai batik, hingga ukiran, dan galeri kedua yaitu makanan atau oleh - oleh khas makanan dari Jatim. "Jadi kami berharap rombongan Dekranasda Kaltara bisa mampir ke Galeri tersebut untuk melihat langsung produk pelaku UMKM Jatim,"pintanya.
 
Lebih Lanjut Arumi mengatakan, ada program dari Dekranasda yang saat ini bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM yaitu Klinik UMKM, dimana klinik UMKM ini di dalamnya ada pembimbingan dan pelatihan kepada pelaku UMKM. Bahkan saat pandemi kemarin banyak UMKM yang datang ke Klinik UMKM tersebut, dimana saat pandemi kemarin UMKM paling terpuruk atau menurun.
 
Ia menambahkan, selama pandemi 2021 ini Dekranasda juga telah membantu pelaku UMKM bekerjasama dengan dinas Koperasi dan UMKM dengan memberikan pelatihan, dan alhamdulillah dengan pelatihan tersebut para pelaku UMKM bisa bertahan di tengah pandemi. "Sekali lagi terima kasih atas kunjungan ke Jatim, dan Dekranasda Jatim juga akan melakukan kunjungan ke Dekranasda Kaltara untuk saling tukar informasi," pungkas Arumi yang juga Isri dari Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak.
 
Sementara itu  Ketua Dekranasda Kalimamtan Utara (Kaltara), Rahmawati Zainal mengatakan, tujuan kunjungan ini pihaknya ingin banyak belajar dan melihat bagaimana Dekranasda Jatim dalam mengembangkan dan memajukan pelaku UMKM terutama bagi pengerajin Batik, dan makanan.  "Jatim ini memiliki tata kelola pelaku UMKM yang bagus dan layak untuk dicontoh guna meningkatkan UMKM di Kaltara. Dan juga saya mengucapkan terima kasih telah diterima dengan ramah, serta welcome. Dan Kami tunggu kedatangannya di Kaltara," pungkasnya. (red)