Pasar Seni Lukis 2021 Resmi Dibuka


Pameran lukisan yang bertemakan 'Ayo Bangkit' dibuka oleh Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.

MERAHPUTIH I SURABAYA - Sebanyak 140 seniman lukis dari berbagai daerah, turut ambil bagian pada Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2021di JX International, Jumat (3/12).

Pameran lukisan yang bertemakan 'Ayo Bangkit' dibuka oleh Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.

Pada kesempatan tersebut Heru Tjahjono berharap, pameran ini menjadi momentum kebangkitan para seniman lukis Jawa Timur dan juga daerah lain. Setelah hampir dua tahun terpuruk.

"Apa yang dilakukan seniman ini, sebetulnya tidak mempunyai harapan secara finansial. Tapi kalau goresan goresan itu dibeli, itu merasa diakui," ungkapnya.

Pameran yang digelar selama 10 hari, sejak 3 Desember hingga12 Desember 2021 tersebut, diharapkan tidak hanya membuka peluang ekonomi bagi para seniman lukis, tetapi juga ajang refresing antar seniman dengan para penggemar.

"Kalau live (pameran langsung) bisa komunikasi dengan penggemar lukisannya, inilah yang membuat otak kiri dan kanan seimbang. Dan ini menjadi refresing bagi penggemar lukisan," tuturnya.

Sementara, Kepala Pasar Seni Lukis Indonesia 2021 - M. Anis mengungkapkan, tema PSLI tahun 2021 'Ayo Bangkit' dengan harapan, tema ini tidak hanya jargon untuk kebangkitan seniman lukis saja, tetapi juga seniman bidang lainnya.

"Dua tahun tidak terselenggara PSLI itu ya cukup lumayan bagi pelukis. Karena ini kan agemda yang ditunggu tunggu pelukis seluruh Indonesia," terangnya.

Diakui Anis, selama kurang lebih dua tahun saat pandemi Covid-19 ini, para seniman hanya mengisi waktu dengan terus berkarya. Karena ketika hendak menyelenggarakan pameran tunggal, masih khawatir tidak ada pengunjung.

"Sehingga mereka menggambar terus. Ini (PSLI) adalah kanal, saluran, bagi karya karya mereka. Mudah mudahan para pecinta seni bisa mengapresiasi ini," harapnya.

Para seniman lukis yang turut ambil bagian berasal dari berbagai daerah, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarya, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Bali, dan Kalimantan Selatan.(red)