Thomas Doll Tinggalkan Persija: Akhir Kerjasama yang Berbuah Manis


Perjalanan Thomas Doll bersama Persija dipastikan tak akan berlanjut di musim depan.

MERAHPUTIH I JAKARTA - Perjalanan Thomas Doll bersama Persija dipastikan tak akan berlanjut di musim depan. Manajemen Macan Kemayoran dan pelatih asal Jerman itu telah sepakat untuk berpisah setelah dua musim penuh prestasi.

Bagi Persija, keputusan ini tentu bukan hal yang mudah. Banyak momen positif tercipta berkat kinerja Doll, yang telah membawa perubahan signifikan dalam tim. Pelatih berusia 58 tahun ini mampu membuktikan kecakapannya dalam membentuk tim sejak musim perdananya.

Pada musim 2022/2023, Persija sukses mengakhiri musim dengan status runner up, mengumpulkan 20 kemenangan, enam hasil imbang, dan hanya delapan kekalahan. Hebatnya, pertahanan Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa dkk. menjadi yang paling kukuh dengan hanya kebobolan 27 gol sepanjang musim.

Namun, memasuki musim keduanya, statistik kemenangan Persija mengalami penurunan. Macan Kemayoran finis di posisi kedelapan dengan 12 kemenangan, 12 hasil imbang, dan 10 kali kekalahan. Meskipun demikian, pengaruh positif Doll tetap terasa di berbagai aspek permainan tim.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Thomas Doll yang telah berjuang bersama Persija dalam dua musim terakhir. Semoga Thomas makin sukses di perjalanan karier berikutnya, begitu pun Persija,” ujar Presiden Persija, Mohamad Prapanca.

Lebih lanjut, Prapanca menyatakan bahwa saat ini manajemen tengah bergerak aktif dalam menyusun tim yang lebih baik untuk musim depan. “Akan ada waktunya kami umumkan sosok pengganti Thomas Doll dan pemain-pemain baru yang akan hadir,” tambahnya.

Berakhirnya kerjasama ini menandai babak baru bagi Persija dan Thomas Doll. Dengan kenangan manis dan pencapaian yang telah diraih, baik Persija maupun Doll diharapkan mampu melanjutkan perjalanan mereka dengan sukses di masa mendatang. (red)