Puluhan Ribu Masyarakat Meriahkan Pesta Rakyat Hari Jadi ke-106 Kota Mojokerto


Puluhan ribu masyarakat tumpah ruah meramaikan Pesta Rakyat Hari Jadi ke-106 Kota Mojokerto di Lapangan Raden Wijaya, Surodinawan, Jumat (22/6) malam.

MERAHPUTIH I KOTA MOJOKERTO  - Puluhan ribu masyarakat tumpah ruah meramaikan Pesta Rakyat Hari Jadi ke-106 Kota Mojokerto di Lapangan Raden Wijaya, Surodinawan, Jumat (22/6) malam. Gelaran ini sukses menjadi momen kebersamaan warga Kota Mojokerto tanpa adanya batas dan sekat, menciptakan suasana penuh kegembiraan dan semangat persatuan.

Yang unik dan menarik dari Pesta Rakyat tahun ini adalah pembukaan acara yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Mojokerto, M Ali Kuncoro, melalui visualisasi teknologi AI yang ditampilkan di layar utama. Sosok AI ini menyapa seluruh masyarakat yang hadir dan menyampaikan pesan penuh makna, mengajak warga untuk menikmati perayaan Hari Jadi Kota Mojokerto. 

"Saatnya kita bersenang-senang merayakan Pesta Rakyat memperingati Hari Jadi ke-106 Kota Mojokerto," ucap sosok AI Pj Wali Kota, disertai dengan nyala lampu spektakuler yang menambah semarak suasana.

"Mari bergandengan tangan, menyatukan semangat kedaulatan, kekuatan, kerjasama dan solidaritas dalam membangun Kota Mojokerto menuju Kota Wisata Sejarah yang mandiri, berdaya saing, dan berdampak," tambahnya.

Acara ini dikemas begitu semarak dengan beragam jenis hiburan yang memanjakan penonton. Sebagai pembuka, penampilan Tari Saman oleh siswa difabel berhasil memukau penonton. Gerakan yang kompak dan harmonis meski terdapat difabel tuli di antara para penari, menggambarkan keindahan dalam keberagaman.

Tak berhenti di situ, Pemkot Mojokerto juga mengundang sejumlah bintang tamu yang dikenal luas oleh kalangan muda-mudi Mojokerto, seperti Guyon Waton, Mr. Jono & Joni, dan Rastamaniez. Lagu-lagu hits dari masing-masing penampil sukses mengguncang panggung, dengan penonton turut bernyanyi bersama, menambah keseruan acara.

Antusiasme masyarakat terlihat jelas dari ribuan orang yang memadati area depan panggung dan sekitarnya. Di lokasi sekitar mobil videotron Diskominfo yang menampilkan siaran langsung acara, warga juga terlihat bersemangat menyaksikan hiburan yang disajikan.

Selain hiburan, Pemkot Mojokerto menyediakan 10.600 kupon makan gratis dengan berbagai pilihan menu, mulai dari makanan khas Kota Mojokerto dan Jawa Timuran hingga jajanan pasar. Sejak sore, warga mulai mendatangi Lapangan Raden Wijaya dan menukarkan kupon makan gratis mereka di tenda-tenda yang berjajar rapi di sepanjang sisi selatan dan utara lapangan.

Euforia Pesta Rakyat juga dirasakan oleh para pedagang. Bukan hanya mereka yang biasa berjualan di sekitar Lapangan Surodinawan, tetapi juga para pelaku UMKM Mojokerto dan sekitarnya. 

"Kalau ada event seperti ini memang jadi lebih ramai. Pembeli juga lebih banyak, jadi keuntungan meningkat. Berkah event Pemkot," ujar seorang penjual jus buah di sebelah selatan Kantor BNN Kota Mojokerto.

Pesta Rakyat Hari Jadi ke-106 Kota Mojokerto tidak hanya menjadi ajang hiburan dan kebersamaan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, terutama para pelaku UMKM. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dalam membangun Kota Mojokerto yang lebih baik di masa depan. (red)