East Java Fashion Harmony 2024 di Tulungagung Sukses Digelar


East Java Fashion Harmony IV 2024 yang digelar di Pantai Midodaren, Tulungagung, Sabtu (22/6).

MERAHPUTIH I TULUNGAGUNG -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi pelaksanaan East Java Fashion Harmony VI 2024 yang digelar di Pantai Midodaren, Tulungagung, Sabtu (22/6). Event ini telah tiga kali berturut-turut menjadi salah satu event terbaik nasional dalam Karisma Event Nasional (KEN) Kemenparekraf.

"Selamat East Java Fashion Harmony menjadi event terbaik se-Indonesia. Kami mencatat ini yang ke-3," ujar Sandiaga Uno dalam sambutannya.

Sandiaga menyatakan bahwa East Java Fashion Harmony telah menjadi event yang sangat dinantikan dan berencana untuk mengangkat event ini ke tingkat nasional. Ia juga menekankan kontribusi signifikan sektor fesyen terhadap ekonomi kreatif, yang mencapai 62 persen, dan menyumbang 18 persen pada nilai tambah ekonomi kreatif.

"Fesyen telah menempatkan Indonesia pada peringkat 3 besar ekonomi kreatif dunia, setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan, dengan membuka 25 juta lapangan kerja," tambahnya.

Sandiaga mendorong inovasi, adaptasi, dan kolaborasi melalui semangat "Gerak Cepat atau Gercep; Gerak Bersama atau Geber; dan Garap Semua Potensi atau Gaspol."

Menparekraf juga memuji wisata di Jawa Timur yang menjadi salah satu destinasi favorit baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai Midodaren, yang menjadi latar belakang acara, disebutnya sebagai tempat yang indah dan cocok untuk "healing."

"Ini pertama kali saya ke Pantai Midodaren, biasanya kalau ke Tulungagung di wilayah kota. Ternyata di pantai selatan sangat indah, saya happy, ini tempat super recommended untuk healing," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, mengapresiasi Sandiaga dan Kemenparekraf atas pemilihan East Java Fashion Harmony sebagai yang terbaik

.Menurutnya, pencapaian ini buah kerja keras, penuh diskusi, beradunya ide-ide. Pemprov Jawa Timur juga akan meningkatkan standar East Java Fashion Harmony

."Harapannya bisa di tingkat internasional, atau tempatnya di luar negeri," ucap Andhy.

Adhy menambahkan, Jatim punya kerja sama sister province yang bisa dimanfaatkan. Karena itu pihaknya akan memikirkan bagaimana event ini bisa dilaksanakan di luar negeri

."Acara semacam ini (East Java Fashion Harmony) mempunyai dampak untuk para pekerja Wastra, seni budaya, ekonomi kreatif terdongkrak," tandasnya.

Ia menegaskan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan diskusi panjang. Adhy juga berharap event ini bisa ditingkatkan ke level internasional dan mungkin dilaksanakan di luar negeri.

Sementara itu, Pj Bupati Tulungagung, Ir Heru Suseno MT, juga merasa bangga karena daerahnya menjadi tuan rumah event ini. Ia berterima kasih kepada Pj Gubernur dan berharap partisipasi ini akan memberikan semangat kepada desainer lokal. Heru juga memperkenalkan Pantai Midodaren sebagai destinasi wisata unggulan yang telah berkembang pesat.

"Investasi yang masuk ke Pantai Midodaren telah membawa dampak positif bagi pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Pj Bupati berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik agar para tamu yang datang merasa nyaman dan betah di Tulungagung.

"Kami akan memberikan semaksimal mungkin supaya kawan-kawan dari luar Tulungagung nyaman dan lebih lama tinggal di Tulungagung," tandasnya. (red)