Bandara Internasional Pattimura Ambon Siapkan Sentra Vaksinasi


Sentra Vaksinasi di Bandara Internasional Pattimura, Ambon. HMP/BOY

MERAHPUTIH|MALUKU - PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Pattimura Ambon telah menyiapkan sentra vaksinasi Covid-19, sejak 6 Juli 2021.

Hal ini merupakan bentuk dukungan perusahaan untuk mewujudkan target 1 juta vaksin per hari pada Juli dan 2 juta vaksin per hari pada Agustus seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada saat membuka Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pada 30 Juni lalu.

Selanjutnya, diharapkan dengan adanya sentra vaksinasi di bandara ini akan memperluas dan mempermudah masyarakat, khusus calon penumpang, untuk mendapatkan vaksin sehingga herd immunity berdasarkan vaksin dapat terwujud. Penyediaan sentra vaksinasi di bandara ini, juga untuk mendukung penerapan persyaratan protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat di mana syarat perjalanan udara dalam negeri menuju dan dari Jawa serta Bali adalah harus menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes PCR.Ujar Legal Compliance dan Stakeholder Relation Manager Aditya Nalendra yang dihubungi harianmerahputih.d lewat Pesan singkat WhatsApp, Sabtu, (17/7/2021).

Penyediaan sentra vaksinasi di bandara Pattimura Ambon ini bekerja sama dengan Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Ambon, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Lanud Pattimura, dan komunitas bandara lainnya. KKP, Lanud Pattimura dan Dinas Kesehatan setempat bertugas sebagai penyelenggara vaksinasi yang menyediakan tenaga kesehatan dan vaksin tutur Aditya.

Untuk dapat mengikuti vaksinasi di sentra vaksinasi Bandara Pattimura Ambon, terdapat beberapa syarat dan ketentuan diantaranya, Vaksin yang diberikan untuk dosis pertama.
Menunjukkan KTP Asli dan tiket/ e-ticket penerbangan sesuai dengan dengan jadwal penerbangan.

Melakukan vaksinasi di bandara satu hari sebelum jadwal keberangkatan , dan Mengikuti proses vaksinasi sesuai prosedur.

Adapun proses dan prosedur vaksinasi di bandara diperkirakan memerlukan waktu sekitar 33 menit per orang dengan rincian proses sebagai berikut, 

Proses registrasi (5 menit): pendaftaran, pemeriksaan dokumen, mendapatkan nomor antrean, pengisian surat pernyataan.Proses pemeriksaan kesehatan (5 menit), pengukuran suhu tubuh, pemeriksaan tekanan darah, screening riwayat penyakit. Proses vaksinasi (3 menit),  pelaksanaan vaksin.

Proses observasi (20 menit), penilaian efek samping setelah vaksin, menunggu surat keterangan vaksinasi serta Proses penyelesaian (1 menit), mendapatkan surat keterangan vaksin dan setelahnya dapat meninggalkan lokasi vaksin.

Selanjutnya, lokasi sentra vaksinasi di Bandara Pattimura Ambon berada di hall kedatangan dan area perkantoran maskapai lantai 2 dan beroperasi pada pukul 08.00 - 13.00 WIT.

Sementara itu Sampai dengan tanggal 16 Juli 2021, jumlah penumpang yang melakukan vaksinasi di bandara Pattimura Ambon, total sebanyak 280 penumpang , dan Sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 14 tahun 2021, Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 45 Tahun 2021, dan Instruksi Walikota Ambon Nomor 3 Tahun 2021, yang dipergunakan adalah PCR dan Antigen , sementara untuk GeNoose tidak dipergunakan.(boy)