Cetak Hat-trick Messi Lampaui Gol Pele


Messi mencetak tiga gol dalam kemenangan 3-0 Argentina atas Bolivia pada Kamis atau Jumat, (10/9/2021) pagi di pertandingan kualifikasi Piala Dunia di stadion Monumental di Buenos Aires. AFA

MERAHPUTIH|ARGENTINA-Lionel Messi mencetak gol karir internasionalnya yang ke-79 untuk Argentina, melampaui rekor pria Amerika Selatan yang dipegang oleh legenda Brasil Pele. 

 

Messi mencetak tiga gol dalam kemenangan 3-0 Argentina atas Bolivia pada Kamis atau Jumat, (10/9/2021) pagi di pertandingan kualifikasi Piala Dunia di stadion Monumental di Buenos Aires. Messi unggul  dua gol lebih banyak dari Pele, yang memiliki 77 gol karir dalam permainan internasional.  

 

Messi membuntuti duo Brasil Marta (109) dan Cristiane (96) untuk rekor keseluruhan gol terbanyak yang dicetak oleh pemain Amerika Selatan di tingkat internasional. Ketiga dalam daftar putra adalah rekan setim Messi di Paris Saint-Germain Neymar, yang memiliki 69 gol internasional untuk Brasil. 

 

"Saya sangat gugup, saya hanya ingin menikmati malam. Saya menunggu lama untuk ini," kata Messi emosional setelah pertandingan. "Kami memenangkan pertandingan yang merupakan hal terpenting dan sekarang kami bisa merayakannya," imbuhnya seperti dilansir espn.com.

 

Pemenang Piala Dunia tiga kali Pele berada di rumah sakit karena operasi tumor di usus besarnya pada Senin, meskipun pria berusia 80 tahun itu mengatakan operasi itu adalah "kemenangan besar." Messi, 34, mengalami musim panas yang tak terlupakan -- berganti klub dari Barcelona ke PSG pada Agustus dan memenangkan gelar sepak bola internasional senior pertamanya pada Juli.

 

Dia dan La Albiceleste mengklaim Copa America dari Brasil dalam kemenangan 1-0 di stadion Maracana Rio de Janeiro. Setelah hasil Kamis, Messi menari dengan rekan satu timnya dan memamerkan trofi Copa kepada 21.000 pendukung yang hadir. “Itu adalah momen unik (untuk memenangkan Copa America) karena di mana dan bagaimana kami memperoleh gelar itu,” kata Messi. "Tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya dan bisa merayakan gelar sekarang, itu luar biasa. Ibu saya, saudara-saudara saya ada di sini di tribun. Mereka sangat menderita saya sangat senang," jelasnya. 

 

Pertandingan Kamis juga terjadi beberapa hari setelah pertandingan kualifikasi Piala Dunia Argentina melawan Brasil -- pertandingan ulang pertama mereka sejak final Copa -- secara kontroversial ditangguhkan. Otoritas kesehatan Brasil memasuki lapangan di Corinthians Arena Sao Paulo dengan pertandingan sedang berlangsung dan menuduh empat pemain Argentina gagal mengikuti protokol COVID-19 Brasil untuk memasuki negara itu.(red)