PAN, Golkar dan PPP Luncurkan KIB PATEN


Tiga ketua umum (Ketum) partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyampaikan visi dan misi menghadapi Pemilu 2024, di Hotel Shangri-la, Surabaya, Minggu (14/8).

MERAHPUTIH I SURABAYA - Tiga ketua umum (Ketum) partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyampaikan visi dan misi menghadapi Pemilu 2024, di Surabaya, Jawa Timur.

Tiga ketua umum parpol KIB itu, yakni Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa dan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan.

"Kegiatan ini adalah penyampaian visi misi KIB, dan ini disampaikan tiga ketum partai KIB," kata Airlangga di sela penyampaian visi misi KIB, di Hotel Shangri-la, Surabaya, Minggu (14/8).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan,Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ingin mewujudkan Indonesia yang sehat manusianya, ekonominya, dan buminya, atau disingkat menjadi 3S.

"Koalisi Indonesia Bersatu ingin mewujudkan 3S, yaitu sehat manusia, sehat ekonomi, dan sehat buminya," kata Airlangga.

 Airlangga menjelaskan, sehat manusia berarti KIB ingin mencetak sumber daya manusia yang unggul dan memiliki ketahanan kesehatan yang kuat.

Menurut dia, sistem ketahanan kesehatan yang kuat diperlukan supaya mampu menghadapi pandemi yang mungkin terjadi di masa depan. Kedua, sehat ekonomi berarti KIB akan melakukan pembangunan ekonomi yang menyejahterakan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Ekonomi yang menyejahterakan dan infklusif atau leaving no one behind untuk kesejahteraan rakyat," ujar Airlangga. Kemudian,

sehat bumi berarti KIB akan mendorong pembangunan yang berkelanjutan melalui pendekatan ekonomi sirkuler dan ramah lingkungan.

"Hari ini kita diamankan dengan cuaca hujan sehingga pertanian kita berlimpah, tetapi ke depan kita belum tahu akibat climate change," kata dia.

Airlangga mengungkapkan, dalam visi misi yang dibawa, KIB menawarkan Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN).

"Kita me-launching program ke depan yaitu salah satunya adalah Program Akselerasi Transofrmasi Ekonomi Nasional, singkatannya PATEN. Jadi, singkatannya KIB PATEN," kata Airlangga.

Sementara itiu, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menuturkan, kita tidak bisa berjalan sendiri. Maka, KIB dibentuk untuk menang dan merebut peluang. Sebab, semua pihak tak mau menjadi generasi yang durhaka pada zamannya.

"Bonus demografi menjadi salah satu tantangan. Jika tidak kita kelola dengan martabat, maka bonus demografi hanya menjadi kayu usang," kata Suharso.

Ia melanjutkan, pihaknya merasa terpanggil dan menjadi pihak yang beruntung untuk mengangkat setinggi-tingginya kesejahteraan rakyat.

"Jadi KIB cara kita dan menu utama untuk bisa bersatu dan menang," ujarnya.

Saat ini, katanya, Pemilu 2024 memanggil. Termasuk perang pada kemiskinan. "Angka kemiskinan harus kita perangi. Kita terpanggil untuk memperbaiki. Ini menjadi prioritas yang tak boleh disepelekan. Ada gerakan keluarga yang juga bisa dilakukan," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Zulkfili Hasan yang akrab dipanggil Zulhas meminta kepada para kader tiga partai untuk mengatakan PATEN setelah dirinya mengatakan KIB. “KIB,” ucap Zulhas yang disambut teriakan PATEN kader PAN, Golkar dan PPP secara serentak.

Zulhas juga membeberkan sejumlah program ekonomi yang diyakini akan dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia memiliki kekayaan alam berlimpah dan harus bisa dikelola dengan baik untuk kepentingan rakyat. “Bapak Presiden Jokowi sudah mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat lewat program kerja yang nyata,” ujarnya. (red)