Mengapa Wajah Harus Dibersihkan Sebelum Tidur


Membersihkan wajah sebelum tidur setelah melakukan aktivitas seharian memang harus dilakukan. ----Ilustrasi gambar (Shutterstock)

MERAHPUTIH I SURABAYA - Membersihkan wajah sebelum tidur setelah melakukan aktivitas seharian memang harus dilakukan. Kadang sebagian orang saat merasa lelah, ia lebih tertarik untuk rebahan dan akhirnya tertidur.

Dosen FK UM Surabaya Neny Triastuti menjelasakn membersihkan wajah dari make-up dan debu sebelum tidur harus dilakukan oleh setiap orang, hal ini merupakan bagian penting dari rangkaian perawatan kulit yang sehat.

Neny yang juga merupakan Dokter Spesialis Kecantikan memberikan beberapa penjelsan mengapa wajah harus dibersihkan dari sisa make up sebelum tidur.

Pertama mengurangi risiko munculnya jerawat di wajah. Neny menyebut kuman-kuman yang menempel di tangan dengan mudah berpindah ke kulit wajah. Jika dibiarkan begitu saja, akan sangat rentan menimbulkan jerawat.

Kedua membantu kelembapan kulit wajah. Menggunakan pelembap pada malam hari setelah membersihkan membuat kulit terhindar dari kekeringan.

“Saat malam hari, pelembap wajah yang digunakan punya banyak waktu untuk bisa menyerap secara maksimal ke dalam kulit,”ujar Neny Kamis (10/11/22)

Ketiga dapat mengurangi kerutan di wajah. Penyebab keriput di wajah terus bertambah yakni kulit yang terlalu sering terpapar sinar UV yang menandakan penuaan dini. Paparan sinar UV dapat memecah jaringan ikat kulit seperti kolagen dan elastin yang terletak pada lapisan kulit yang lebih dalam.

“Jika jaringan ikat pecah, kulit akan mulai kehilangan fleksibilitas dan lebih mudah menimbulkan kerutan di wajah. Selain itu, radikal bebas yang ada di lingkungan sekitar juga mempengaruhi kesehatan kolagen,”imbuh Dia.

Oleh karenanya, Neny menghimbau untuk mencuci muka sebelum tidur tidak boleh dilewatkan. Tujuannya agar kulit tidak perlu lagi mengeluarkan energi tambahan untuk menangkal radikal bebas yang menempel.

Kelima mencegah infeksi mata. Terbiasa tidak mencuci wajah pada malam hari ternyata mempengaruhi kesehatan mata. Misalnya tidak menghapus produk kecantikan maskara atau eyeliner sebelum tidur dapat menyebabkan infeksi mata. Pasalnya riasan mata ini bisa masuk ke mata misal menggosok mata ketika tidur.

“Akibatnya mata lebih berisiko terkena iritasi dan menyumbat folikel rambut dan kelenjar minyak pada kelopak mata. Jika terjadi, bakteri bisa menumpuk dan menyebabkan peradangan yang bisa menimbulkan benjolan kecil di kelopak mata,”pungkas Neny. (red)