Fitur Baru SiTrayek BPSPP VI Pekalongan: Solusi Praktis Cek Kelaikan Angkutan Umum


Balai Pengelola Sarana Prasarana Perhubungan Wilayah (BPSPP) VI Pekalongan telah meluncurkan fitur baru pada aplikasi SiTrayek

MERAHPUTIH I PEKALONGAN - Masyarakat yang ingin mengetahui kelaikan jalan angkutan umum kini tidak perlu repot lagi. Balai Pengelola Sarana Prasarana Perhubungan Wilayah (BPSPP) VI Pekalongan telah meluncurkan fitur baru pada aplikasi SiTrayek. Dengan hanya mengetikkan nomor plat kendaraan di https://sitrayek.perhubungan.jatengprov.go.id/cek_kendaraan/, masyarakat dapat mengecek apakah angkutan umum tersebut laik jalan atau tidak.

Kepala BPSPP VI Dishub Jawa Tengah, Lambang Kurniawan, menyatakan bahwa fitur ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam memilah dan memilih angkutan umum yang berkeselamatan.

“Dengan fitur baru ini, masyarakat dapat mengecek status atau kondisi kendaraan angkutan umum, terkait kelaikan dan ketertiban administrasi bus Antarkota Dalam Provinsi (AKDP), Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP), dan taksi yang akan ditumpangi untuk bepergian,” ujar Lambang, saat dikonfirmasi, Selasa (9/7/2024).

Lambang mengungkapkan bahwa layanan ini ditujukan untuk kendaraan jenis trayek AKDP, AJDP, dan taksi. Pada tahap awal, layanan ini dapat digunakan untuk kendaraan yang berasal dari wilayah BPSPP VI, yang meliputi Kabupaten Batang hingga Brebes. Namun, nantinya akan diperluas untuk seluruh kendaraan jenis tersebut dari seluruh wilayah Jawa Tengah.

Selain memudahkan masyarakat, fitur ini juga bermanfaat bagi pengusaha transportasi karena mencakup fitur perizinan angkutan umum secara online. Fitur ini memfasilitasi proses perpanjangan izin kartu pengawasan atau kartu jam perjalanan (KP/KJP) sehingga menjadi lebih efektif, efisien, mudah, dan murah tanpa perlu tatap muka.

“Pengajuan perpanjangan dapat dilakukan kapan saja, dari mana saja. Cukup mengikuti langkah yang tersedia dan setiap proses pengajuan akan mendapatkan notifikasi balasan dari admin pada setiap tahapannya. Jadi cukup scan dan upload dokumen perizinan melalui aplikasi SiTrayek,” tandas Lambang.

Dengan fitur baru ini, BPSPP VI berharap dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penumpang serta efisiensi dalam proses perizinan bagi pengusaha transportasi. (red)