Djokovic vs Nadal di Final Italia Terbuka


Novak Djokovic. dok/HMP

MERAHPUTIH|ITALIA- Novak Djokovic akan menghadapi Rafael Nadal di final Italia Terbuka, Minggu malam WIB.  Djokovic akan bertemu untuk keenam kalinya dengan Nadal di turnamen yang sama setelah meraih kemenangan dramatis atas Stefanos Tsitsipas dan menyingkirkan harapan tuan rumah Lorenzo Sonego. Secara head to head, Nadal masih unggul 3-2 atas Djokovic di final sebelumnya, sementara petenis Spanyol itu mengincar gelar ke-10 di Roma.

Kedua petenis ini menunjukkan sekali lagi minggu ini mengapa mereka mendominasi olahraga begitu lama dengan kekuatan fisik dan mental mereka. Nadal menyelamatkan dua match point melawan Denis Shapovalov di babak ketiga sementara Djokovic entah bagaimana tampil melalui thriller dua hari melawan Tsitsipas di perempat final dan kemudian tiga set lainnya melawan Sonego. Ditunda karena hujan pada hari Jumat dengan Djokovic satu set dan satu break, petenis nomor satu dunia itu juga tertinggal pada set penentuan melawan Tsitsipas sebelum akhirnya unggul 4-6 7-5 7-5. 

Pemain asal Yunani itu bisa dibilang menjadi pemain terbaik musim ini sejauh ini dan dia menunjukkan alasannya, tetapi dia bermalasah dengan servis pada pertandingan tersebut saat kedudukan 5-4 pada set ketiga karena Djokovic berhasil melakukan break poin.

 

Menghadapi Nadal untuk ke-57 kalinya, Djokovic mencari kemenangan pertama di lapangan tanah liat atas pesaingnya yang hebat sejak perempat finaldi turnamen yang sama lima tahun lalu. Menarik untuk ditunggu duel keduanya. Nadal sendiri dikenal sebagai Raja Tanah Liat. (red)