Juara di Italia Terbuka, Nadal Pecahkan Rekor Djokovic


Petenis asal Spanyol Rafael Nadal. dok/HMP

MERAHPUTIH|ITALIA- Rafael Nadal memenangkan gelar Italia Terbuka ke-10 yang memperpanjang rekor di Roma setelah mengalahkan unggulan teratas Novak Djokovic dalam pertandingan tiga set, Minggu malam waktu setempat.

 Unggulan kedua Nadal, 34, menjadi juara ATP Tour ke-57 dengan tiga set 7-5 1-6 6-3 dalam dua jam dan 50 menit. Kemenangan juga memastikan Nadal meraih gelar ke-36 ATP Masters 1000, menyamai rekor Djokovic sejak seri tersebut dimainkan pada 1990. 

Nadal sekarang memimpin petenis atas petenis Serbia 29-28 dalam ATP secara head to head. Nadal memenangi gelar Italia Terbuka pertamanya pada 2005, sementara Djokovic, 33, mengincar kemenangan pertamanya di lapangan tanah liat melawan petenis Spanyol itu sejak perempat final 2016 di Roma.

 Djokovic tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan setelah menghabiskan hampir lima jam di lapangan pada hari Sabtu saat memenangkan perempat final dan semifinal melawan Stefanos Tsitsipas dan Lorenzo Sonego dalam turnamen yang dilanda hujan. 

Nadal, yang memenangi semifinal melawan petenis Amerika Reilly Opelka dalam waktu satu setengah jam, kehilangan servis game pertamanya dan tertinggal 2-0 pada set pembuka, tetapi segera mematahkan servisnya dan kemudian menahannya di level berikutnya pada kedudukan 2-2. Petenis Spanyol itu kembali memanfaatkan servis Djokovic pada game ke-11 untuk unggul 6-5 di depan dan mengakhiri pertandingan dengan skor 7-5 pada set point keduanya.(red)