Turnamen Tenis Italia Terbuka

Menang atas Zverev, Rafael Nadal Melaju ke Babak Semifinal


Petenis asal Spanyol Rafael Nadal. atptour

MERAHPUTIH| ITALIA- Rafael Nadal mengalahkan Alexander Zverev di babak perempat final Itala Terbuka, Jumat waktu setempat. Kemenangan melawan Zverev merupakan balas dendam yang sempurna setelah seminggu sebelumnya Nadal dikalahkan petenis asal Jerman itu di Mutua Madrid Open.

Juara sembilan kali itu menyelamatkan delapan break point pada set kedua untuk mengalahkan Zverev 6-3, 6-4 dalam pertandingan yang berlangsung dua jam di Centre Court, Italia.

Kemenangan Nadal mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntun melawan petenis peringkat 6 dunia itu dan meningkatkan rekor ATP head to head melawan Zverev menjadi 6-3.

"Saya senang. Saya memainkan pertandingan yang sangat solid dengan tidak banyak kesalahan, bermain seperti yang saya harus lakukan, ”kata Nadal dalam wawancara pasca pertandingan. “Ini kemenangan penting bagi saya melawan pemain hebat,” imbuh unggulan dua itu.

Nadal kini hanya berjarak dua kemenangan lagi untuk menyamai rekor perolehan 36 gelar ATP Masters 1000 Novak Djokovic. Pemain berusia 34 tahun itu juga berusaha memenangkan 10 atau lebih gelar di satu acara untuk keempat kalinya. Nadal sudah memiliki 13 mahkota Roland Garros, 12 trofi Barcelona dan 11 gelar Monte-Carlo.

Nadal melaju ke semifinal ke-12 di Roma. Nadal akan berusaha untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan semifinal 11-0 di Foro Italico ketika ia menghadapi pertama kalinya semifinalis ATP Masters 1000 Reilly Opelka pada Sabtu.

Opelka menyelamatkan keempat break point yang dihadapinya untuk mengalahkan petenis kualifikasi Argentina Federico Delbonis 7-5, 7-6 (2) di Grand Stand Arena.

“Saya akan menghadapi] peluang besar melawan pemain yang memiliki servis yang hampir tidak bisa dikembalikan. Reilly bermain bagus, ”ungkap Nadal. “Saya harus sangat fokus dengan servis saya dan kemudian mencoba untuk siap menerima pengembalian service,” bebernya.

Di set pertama, Nadal menggunakan forehandnya untuk mengontrol bagian tengah lapangan dan bermain konsisten di balik servis keduanya.
Titlist 35 kali Masters 1000 itu unggul 4-0, tetapi Zverev bermain dengan peningkatan agresi dari baseline untuk memperkecil jarak. Saat melakukan servis untuk set 5-3, Nadal menargetkan backhand Zverev untuk menyelamatkan break point dan mengubah set point pertamanya.(red)