Kominfo Blokir Konten YouTube Video Pidato Gubernur Maluku


Gubernur Maluku, Murad Ismail. HMP/BOY

MERAHPUTIH|MALUKU-  Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Maluku tiba tiba memblokir YouTube live streaming sambutan  Gubernur Maluku, Murad Ismail, dalam  penyerahan bantuan sosial beras dan sembako dari pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Maluku bagi warga terdampak PPKM.

Sambutan Gubernur Maluku yang disampaikan saat gelaran acara tersebut di lokasi Paroki Katholik Maria Bintang Laut Senin, (26/7/2021). Terdapat beberapa kata maupun kalimat yang diucapkan Gubernur Maluku, Murad Ismail terdengar tidak layak disampaikan oleh seorang pejabat publik.

Dalam tayangan langsung (live streaming) YouTube Diskominfo Provinsi Maluku berdurasi 15 menit 07 detik itu, khususnya pada menit ke 8 detik ke-19, terdengar Gubernur Maluku mengucapkan kata kata "Jangan terpengaruh oleh kaskadu kaskadu itu".

Kemudian pada menit ke 8 detik 29, Gubernur kembali mengeluarkan kata kata yang kurang sopan.


Kata - kata yang kurang enak, yang disampaikan langsung oleh Gubernur Maluku dalam acara tersebut, terdengar jelas dalam siaran langsung atau live streaming Dinas Kominfo provinsi Maluku itu.

Beberapa saat setelah selesai live streaming tersebut, entah baru menyadari atau diberitahu orang, tiba tiba Dinas Kominfo Provinsi Maluku sebagai penanggung jawab live streaming tersebut memblokir tayangan yang ada pada channel YouTube mereka.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku Semmy Huwae yang dikonfirmasi wartawan pada pukul 17.26 WIT lewat pesan singkat WhatsApp terkait hal tersebut menyatakan dirinya akan mengecek hal tersebut ke stafnya.

Namun hingga pukul 18.23 WIT, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Semmy Huwae tidak memberikan alasan mengapa sampai tayangan pidato Gubernur di Paroki Maria Bintang Laut Benteng itu di blokir. (boy)